SESUAI KAH DENGAN TEORI?

Oleh: Nur Muhammad Abduh

Aku melihat TV malam ini untuk melihat bagaimana media Televisi dapat memengaruhi opini masyarakat. Aku melihat TV malam ini ketika media sosial online sedang sakit, dan aku berfikir “Mengapa?”. Apakah agar kami hanya melihat TV? Apakah supaya kami membaca berita melalui koran di esok hari? Apakah sekarang kami dibatasi untuk mencari informasi dari berbagai sumber dan dari berbagai pihak? Apakah ini untuk menekan opini kami juga? Seperti berbagai teori yang sudah ku pelajari menjadi nyata di satu waktu dan tempat yang sama. Spiral of Silence, Agenda Setting, Analisis Kultivasi, Uses & Gratification, dan banyak teori lainnya.

Teori yang menjelaskan di mana media dapat mengarahkan opini publik mengenai isu terkini. Lebih jelas lagi, media massa menyebarkan berita dengan memilih isu untuk menjadi fokus perhatian khalayak berdasarkan tekanan dari elit berkepentingan, opini publik, serta peristiwa yang terjadi di dunia nyata (Agenda Setting). Dari teori tersebut, akan berpengaruh dan atau memberikan efek terhadap masyarakat (Spiral of Silence, difusi berita, gatekeeper, dll sesuai dengan yang dikemukakan Dearing & Rogers, 1996). Dilihat dari peristiwa yang terjadi, mungkinkah Agenda Setting dilakukan untuk memberikan efek Spiral of Silence? Benarkah pembatasan media sosial dan pemberitaan yang ada untuk membuat efek tersebut?

Bagaimana efek tersebut terjadi saat media sosial yang berbasis lebih kepada online sedang sakit dan mungkin akhirnya TV menjadi alternatif, dapat dilihat dari Analisis Kultivasi (George Gerbner & Lawrence Gross, 1960). Anilisis ini menyorot kekuatan TV dalam membentuk cara berfikir dan menghubungkan masyarakat. Meskipun tidak dapat memberikan dampak besar sekaligus, namun dampak yang berkelanjutan lah yang diberikan oleh TV.

Kembali pada Spiral of Silence sebagai efek yang diharapkan dari Agenda Setting, merupakan peristiwa dimana penekanan terhadap opini minoritas agar terdiam dan hilang sehingga hanya ada opini mayoritas yang menjadi suara publik. Media pun memiliki peran dalam perwujudan Spiral of Silence, tidak hanya karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, namun juga karena keberadaan media yang selalu ada dan mudah ditemui dengan pesan yang diulang-ulang dalam waktu bersamaan. Namun, dalam Spiral of Silence juga, tidak semua opini minoritas menjadi hilang ketika Spiral of Silence ini terjadi. Dikenal dua jenis kelompok Avant Garde (yakin bahwa posisi minoritas akan semakin kuat seiring meningkatnya tekanan) dan Hard Core (menentang tanpa melihat konsekuensi).

Sebagai pengguna media, aku pun tak puas dengan hanya mengandalkan satu sumber. Bagaimana dengan kalian? Jika tidak puas, maka hal itu sudah sepatutnya terjadi. Hal ini yang dijelaskan dalam Uses & Gratification (menjelaskan tentang khalayak aktif dalam memilih dan memilah media sesuai dengan kebutuhan informasi dan tujuan dari khalayak tersebut). Terdapat beberapa poin dalam Uses & Gratification, yaitu kegunaan media bagi khalayak/audiens, isi media yang menjadi motivasi khalayak/audiens dalam memilih media untuk dikonsumsi, dan yang terpenting adalah khalayak/audiens cenderung menghindar dari pengaruh media karena mereka menciptakan pemahaman sendiri atas isi media.

Pada akhirnya, aku hanya bisa menatap lagi materi yang ku pelajari beberapa waktu lalu dan berfikir, “Ya, ini semua terjadi saat ini”. Namun itu hanya asumsi ku, opini ku, dari berbagai pemahaman yang ku dapat tentang teori-teori sosial. Aku hanya membagikan pengetahuan ku kepada kalian (memberikan aksi), dan bagaimana kalian menanggapi atau memutuskan (reaksi yang terjadi) itu ku serahkan kepada diri kalian masing-masing.

Akhir dariku, jadilah individu cerdas dengan pemikiran terbuka untuk melihat segala hal agar tak mudah menjadi bodoh untuk dibodohi.

-Abduh, 24 Mei 2019 23:48 hingga 25 Mei 2019 00:39

Daftar Bacaan:

– Griffin, Emory A. 2012. _A First Look At Communication Theory 8th Edition_. New York: McGraw Hill

– Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss. 2009. _Encyclopedia of Communication Theory_. California: SAGE Publications, Inc.

– West, Richard & Lynn H. Turner. 2010. _Introducing Communication Theory : Analysis and Application 4th Edition_. New York: McGraw-Hill

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *