Nama dari kabinet BARIS FISIP UB 2021 adalah WIYATALA. Nama tersebut merupakan gabungan dari dua kata Sansakerta yaitu Wiyata yang mempunyai arti pendidikan dan/atau pengajaran dan Sahitya Kartala yang mempunyai arti solidaritas dalam sinar kehangatan. Kabinet Wiyatala adalah kabinet yang terdiri dari kolega-kolega terpilih yang menjadikan pendidikan sebagai sarana untuk mempertajam kecerdasannya serta selalu menebar kehangat dalam menjunjung tinggi solidaritas sehingga ilmu yang dimilikinya dapat bermanfaat bagi orang lain khususnya di tanah jingga.

1. Visi dan Misi

1.1 Visi

“Poros pengembangan budaya ilmiah mahasiswa FISIP yang adaptif, kolaboratif, dan kreatif.”

Pemaparan : Pandangan kepengurusan BARIS FISIP UB 2021 diharapkan menjadi roda penggerak bagi pengembangan budaya ilmiah mahasiswa FISIP UB dengan menciptakan kegiatan-kegiatan yang adaptif, kolaboratf, dan kreatif sehingga dapat memberikan arti yang nyata dan manfaat yang optimal untuk masyarakat FISIP UB.

1.2 Misi

  • Membangun semangat kebersamaan anggota BARIS untuk meningkatkan kegiatan penilitian dan kajian akademik

Pemaparan : BARIS FISIP UB 2021 dikonstruksikan kepengurusan yang memiliki jiwa semangat kebersamaan dalam membangun nilai kekeluargaan dan tetap mengedepankan profesionalitas, sehingga dapat terbangun suasan kerja yang kondusif. Selain itu, sebagai organisasi yang berfokus pada pengembangan bidang ilmiah, maka perlu diperhatikan terkait pengembangan kualitas diri anggota BARIS dalam bidang ilmiah khususnya penelitian dan kajian akademik.

  • Optimalisasi kolaborasi antar lembaga FISIP UB untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa FISIP UB

Pemaparan : Sebagai bentuk nyata kebermanfaatan organisasi, maka BARIS FISIP UB 2021 akan hadir dalam mewujudkan kolaborasi yang sinergis antara LKM dan LSO sehingga dapat mengoptimalisasi pemberdayaan dan pembinaan minat akademik mahasiswa FISIP UB.

  • Memberikan kontribusi kepada masyarakat FISIP melalui kegiatan keilmiahan yang adaptif dan kreatif

Pemaparan : BARIS FISIP UB sebagai salah satu organisasi intra kampus sudah seyogyanya mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Maka dari itu kegiatan yang dilakukan oleh BARIS FISIP UB 2021 khususnya dalam bidang penelitian dan nalar kritis harus senantiasa memberikan kontribusi khususnya kepada masyarakat FISIP dan diharapkan dapat menciptakan kegiatan yang kreatif dengan tetap adaptif terhadap kondisi pandemi saat ini.

2. Implementasi Visi dan Misi

2.1 Nilai

  1. Pengetahuan dasar pengurus BARIS FISIP UB

Pengurus BARIS merupakan kolega-kolega terpilih yang memiliki pengetahuan dasar organisasi BARIS FISIP UB, nalar kritis, pengetahuan penelitian dan kepenulisan atau memiliki niat dan tekad yang kuat untuk belajar akan pengetahuan tersebut.

  • Komitmen

Pengurus BARIS yang terpilih harus menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap BARIS FISIP UB sehingga akan berdampak positif pengembangan dan pelaksanaan program kerja.

  • Kekeluargaan

Pengurus BARIS FISIP UB harus memiliki rasa kekeluargaan satu sama lain, menunjukkan ikatan yang membuat suasana organisasi menjadi hangat, nyaman, dan suportif sehingga mampu meningkatkan performa organisasi dan integritas anggota dalam menjalankan program kerja.

  • Adaptif

Di tengah krisis Pandemi Covid-19 banyak menciptakan tantangan baru di berbagai bidang untuk mempertahankan organisasi agar tidak terlepas dari perubahan. Salah satu kondisi normal baru adalah transformasi komunikasi secara fundamental dari yang sebelumnya menggunakan cara-cara manual hingga menyesuakan menuju transformasi teknologi informasi yang tetap berorientasi pada hasil. Pemanfaatan teknologi informasi harus membawa perubahan positif secara masif pada budaya dan cara pikir anggota BARIS FISIP UB.

  • Kolaboratif

Menciptakan kerjasama yang berkesinambungan baik antar departemen internal BARIS maupun antar lembaga eksternal BARIS. Proses kerjasama tersebut harus melahirkan kepercayaan, integritas, dan terobosan yang bukan hanya berdasarkan kesepakatan bersama melainkan inisiatif dalam diri sendiri untuk berbuat yang terbaik dalam mewujudkan tujuan yang ingin dicapai.

  • Kreatif

Di tengah kondisi Pandemi Covid-19 bukan menjadi penghalang anggota BARIS untuk melahirkan dan menerapkan ide-ide kreatif khususnya dalam bidang pengembangan akademik. Permasalahan yang ada pada hari ini harus dipandang sebagai peluang untuk mengembangkan ide baru dan menemukan cara baru dalam mengatasinya. Menerapkan nilai kreatif dapat memagang perananan sentral dalam upaya baik individu maupun organisasi untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki untuk efektifitas kinerja organisasi. Anggota BARIS dapat mengambil keputusan yang lebih efektif, menciptakan sistem yang terarah, akurat, dan berbasis sistem informasi.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *